Inter Targetkan Kembali Berlatih Pada April, Tommasi: “Banyak Presiden Klub Serie A Yang Berlagak Seperti Musisi di Film Titanic”

Inter saat ini tengah dalam masa karantina hingga 25 Maret mendatang pasca pandemi virus corona yang menyerang Italia dengan wilayah Lombardy sebagai kawasan terdampak paling parah. Keputusan untuk mengisolasi diri diambil Inter pasca penggawa Juventus, Daniele Rugani positif terinfeksi COVID-19, tim terakhir yang mereka hadapi sebelum kompetisi ditangguhkan (dan setelahnya juga ada Blaise Matuidi dan yang terbaru Paulo Dybala yang juga terkonfirmasi).

La Stampa mengabarkan jika Inter menjadi salah satu tim yang berharap bisa kembali memulai sesi latihan pada awal April mendatang, walaupun saran dari petugas medis untuk tak menggelar sesi latihan setidaknya hingga 13 April mendatang.

Keputusan tergesa-gesa untuk bisa kembali berlatih ini ditentang oleh Presiden Asosiasi Pesepakbola Italia (AIC), Damiano Tommasi. Hal itu ia ungkap kala berbicara kepada Corriere dello Sport dan Il Messaggero beberapa waktu lalu:

“Saya tidak tahu apa yang mereka pikirkan menilai para pemain harus segera kembali berlatih. Saya tak ingin menjadi sosok kontroversial di sini, namun saya menilai memilih berlatih di situasi seperti saat ini adalah hal yang sangat berbahaya.

Saya mengibaratkan beberapa presiden klub yang menginginkan skuatnya segera bisa kembali berlatih seperti para musisi di film Titanic yang tetap terus bermain di saat kapal tenggelam.”

Soal permintaan agar para pemain mau memangkas gaji mereka demi membantu tim menjaga neraca keuangan mereka…

“Para pemain adalah pihak pertama yang berkepentingan pada keberlanjutan sistem sepakbola. Kami sadar bahwa ini adalah topik yang harus dibahas dan diatasi tetapi tidak sekarang.

Pertama, kerugian akibat hal ini harus dihitung dan ketika itu sudah dilakukan kita perlu menunggu apakah musim bisa diselesaikan atau tidak. Masalah pemotongan gaji akan ditangani pada waktunya. Kemungkinan potongan 20-30%? Kami tidak dapat memaksa anggota kami untuk menerimanya.”

Soal kemungkinan musim bergulir hingga melebihi 30 Juni nanti…

“Ada banyak pemain di luar sana yang sudah menandatangani kesepakatan dengan klub baru mereka dengan durasi kontrak yang mulai berlaku sejak 1 Juli. Juga ada masa peminjaman yang semua berakhir per 30 Juni. Selain itu pihak klub juga harus melaporkan laporan keuangan mereka per tanggal tersebut dan itu bisa menjadi masalah bagi mereka. Keterlambatan kompetisi harus dipelajari. Tentu penundaan tak bisa berlangsung terlalu lama karena itu juga akan mempengaruhi berlangsungnya musim baru kelak.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *