Kabar Buruk Untuk Tim-Tim Italia: FIFA Terapkan Aturan Baru Soal Pembatasan Jumlah Peminjaman Pemain

FIFA sudah mengumumkan akan ada perubahan mulai musim depan berkaitan dengan pembatasan jumlah maksimal transfer pemain berstatus pinjaman setiap musimnya oleh satu klub.

Dalam aturan baru yang mulai diterapkan musim depan, sebuah klub maksimal hanya boleh mendatangkan atau melepas sebanyak delapan pemain pinjaman dalam satu musim.

Jumlah ini akan menurun menjadi enam pemain saja dimulai dari musim 2022/23. Jelas ini menjadi kabar buruk bagi mayoritas tim-tim Italia yang seperti diketahui terlibat belasan kesepakatan mendatangkan seorang pemain dengan status pinjaman baik dengan opsi maupun kewajiban tebus yang bertujuan agar pembayaran transfer bisa dilakukan bertahap.

Tujuan dari FIFA menerapkan aturan ini adalah untuk bisa mengembalikan fungsi pengembangan pemain usia muda di seluruh klub serta menekankan pentingnya mereka sebagai masa depan klub dan bukan semata menjadi alat pencari keuntungan.

Penerapan awal hanya berlaku untuk transfer pinjaman internasional yang melibatkan pemain berusia 22 tahun atau lebih. Dewan FIFA juga masih perlu menyetujui rencana tersebut, dengan masing-masing liga mendapat jangka waktu tiga tahun untuk menyelaraskan aturan yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *