Andre Zoro: “Isu Rasisme di Italia Tak Ada Perubahan Selama 15 Tahun Terakhir. Saya Ingat Saat Hadapi Inter…”

Mantan bek Salernitana dan Messina, Marco Andre Zoro mengungkapkan tidak ada penanganan serius soal isu rasisme di Italia hingga saat ini, sebuah isu yang sempat menimpanya 15 tahun silam. Kekecewaan ini ia ungkapkan kala berbicara kepada La Gazzetta dello Sport:

“Isu rasisme di Italia sama sekali tidak berubah selama 15 tahun terakhir. Ini dikarenakan federasi sepakbola Italia sama sekali tidak melakukan banyak hal untuk memerangi rasisme.

Makian, provokasi atau hal-hal lain yang bertujuan untuk mengganggu pemain lawan adalah hal yang berbeda. Yang dipermasalahkan adalah ketika Anda mengganggu lawan tersebut dengan menyerang orang tersebut secara personal misalnya menghina warna kulitnya, maka ini disebut rasis.”

Zoro kemudian mengingat tindakan rasisme yang ia dapatkan saat timnya Messina menghadapi Inter di mana kala itu ada satu insiden yang paling diingat ketika dirinya yang mengambil bola yang mengisyaratkan: sudah cukup...

“Saya ingat ada begitu banyak solidaritas dari orang-orang di Inter seperti Adriano dan yang lainnya di lapangan. Giacinto Facchetti bahkan meminta maaf atas nama Inter dan saya juga dibanjiri dengan pesan, panggilan telepon, dan faks di hari-hari berikutnya sebagai bentuk dukungan, tetapi di samping itu semua, ada banyak kepahitan dan kekecewaan karena semuanya tetap sama di Italia.”

Source: GdS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *